membaca, diskusi, dan menulis untuk membentuk diri menjadi makhluk berbudi

Anne Avantie dalam Memoar Metamorfosa

Sianne Avantie. Itulah nama kecil seorang ikon kebaya Indonesia yang kemudian lebih dikenal dengan nama Anne Avantie. Buah karya tangan desainer ini sangat terilhami oleh kekuatan keindahan yang terlahir dari talenta luar biasa.

Meretas Jalan Hidup
Karier perancangan busana seorang “Anne Avantie masa kini” terajut oleh perjalanan jatuh bangun yang cukup panjang. Berawal dari ketertarikannya menyiapkan kostum tari dan pertunjukan semasa SMA, ia mulai memantapkan diri untuk menekuni modiste. Namun, di usia 19 tahun ketika ia menikah muda, guncangan hidup sempat menundukkannya. Dalam kondisi ekonomi yang serba sulit dan di tengah biduk rumah tangga yang rapuh, Anne harus berjuang melawan kekoyakan perkawinannya.

Ia mempunyai seorang puteri dari buah perkawinannya. Namun, perkawinan yang hambar oleh siraman cinta itu pun harus kandas. Anne mulai berjuang membesarkan puterinya seorang diri. Cobaan pun datang kembali. Ayah Anne yang selama ini merupakan figur penopang kehidupan ibu dan kedua adiknya, meninggal dunia.

Setiap hari Anne berjualan jajanan dan manisan mangga yang ia titipkan di kantin-kantin sekolah. Demikanlah ritme hidupnya sehari-hari hanya digerakkan oleh harapan untuk mengais nasi. Sungguh ironis. Di masa kecil hingga remaja ketika masih tinggal di Solo, Anne sangat menikmati kehidupan yang berkecukupan. Dan di usianya yang masih 20-an ketika itu, ia justru berjuang dengan alasan yang sungguh miris: untuk makan. Tangan terampil dan keliaran kreativitas dalam mengolah kain pun tak teringat lagi. Bayangan keasikan membuat kostum seolah menguap dan terbang.

Namun, kerja kerasnya membuat keripik singkong pedas dan kacang goreng mulai meretas jalan hidupnya. Melewati cobaan yang bertubi, pribadi Anne Avantie semakin kokoh. Kemudian ia menemukan sosok pria yang diyakini akan menjadi teman dalam mengarungi perjalanan panjangnya. Dalam suasana yang penuh kesahajaan nan khidmat, Anne dan Henry saling menerimakan sakramen pernikahan di Gereja Katedral Semarang.

Berbekal kekuatan cinta, mereka membangun bahtera rumah tangga. Aura bahagia dan harmoni terasa. Henry yang berasal dari keluarga bisnis mulai memandu bakat kreatif Anne menjadi sebuah ladang usaha. Mereka mencoba menguak peluang untuk memproduksi pernak-pernik cinderamata. Bentuknya beraneka macam, berupa dompet, buku agenda, gantungan kunci, serta kipas. Produk kreatif Anne itu rencananya akan dijual ke perusahaan-perusahaan ekspor kerajinan. Namun, usaha ini dirasa kurang prospektif. Selain karena animo pasar yang kurang bagus, jumlah pesaing yang bermain di usaha ini juga sudah banyak.

Metamorfosa Seorang Desainer
Kemudian Anne mulai menghidupkan kembali aktivitasnya membuat busana. Bermodal dua mesin jahit bekas tanpa dinamo dan memanfaatkan garasi rumahnya, Anne membuka usaha modiste kecil. Ia menamainya Griya Busana Permata Sari. Waktu itu Griya Busana Permata Sari memilih untuk memproduksi busana panggung ukuran all size. Berkah pun menghampiri. Sebuah grup tari kondang, Andromedys Dance, meminta Anne untuk membuat rancangan busana panggung mereka.

Atraksi panggung luar biasa Andromedys Dance sontak mengibarkan nama Anne Avantie sebagai sosok yang sangat berperan atas busana yang mereka kenakan. Pelanggan lain berbondong-bondong mulai berdatangan. Kepercayaan akan keindahan busana yang Anne hasilkan mulai terbangun.

Anne mulai memberanikan diri mengikuti show kecil-kecilan. Spanduk Griya Busana Permata Sari terpampang jelas di depan gedung rollskate yang menjadi arena show di Semarang waktu itu. Show kecil pertama itu pun mengantar Anne menuju ke show-show besar selanjutnya. Anne semakin optimis mengikuti ajang show Persatuan Perancang Mode Jawa Tengah. Seorang Anne Avantie, pemilik modiste kecil itu mulai disebut sebagai “Desainer”. Liputan media massa dalam ajang show itu membuat nama Anne Avantie semakin dikenal dan ia mulai kebanjiran order.

Opa Anne menghadiahinya sebuah gerai di Citraland Mall Semarang. Suami dan ibunda Anne kemudian menata gerai itu menjadi sebuah butik yang sangat artistik. Butik inilah yang menjadi tempat Anne belajar menghadapi klien dan bersikap lebih profesional. Ia berusaha membangun brand image secara pasti dan baik. Berbagai tuntutan, keluhan, serta aduan klien atas produk harus didengarkan dan disikapi dengan bijak.

Anne menyadari bahwa pelanggan yang datang ke butiknya memang tahu seluk beluk pembuatan busana dan memiliki cita rasa seni tinggi. Dari proses itulah ia banyak belajar menjadi seorang desainer yang mumpuni. Mengenai butiknya itu, Anne bertutur demikian: ”Ternyata tidak mudah menggulirkan sebuah butik. Sungguh pun butik saya telihat mentereng dengan gaun-gaun indah di dalamnya, tantangan yang saya hadapi luar biasa beratnya!”

Di tengah perjuangan membangun kariernya cobaan tetap datang memantapkan langkah kaki Anne ke jalan yang semakin pasti. Ia sempat masuk dalam perangkapnya sendiri dan hampir jatuh ke lubang terdalam. Kebangkrutan ekonomi menghantui Anne dan keluarganya. Belum rampung penderitaan karena tumbangnya kekuatan ekonomi yang Anne bangun dari bawah, ibunda yang selama ini merupakan sosok penting dalam hidupnya jatuh sakit.

Lagi-lagi Anne terseok. Dengan sisa tabungan yang ada, sembari berusaha mengumpulkan rezeki dari jualan dawet durian dan nasi liwet, Anne membawa ibunya berobat ke Singapura. Berkat usaha yang luar biasa dan iman yang semakin teruji, akhirnya ibunda bisa sembuh kembali. Hantaman ekonomi dan penyakit sang ibu datang silih berganti membentuk pribadi dan kedalaman iman seorang Anne Avantie.

Lahirnya Ikon Kebaya Indonesia
Dalam situasi ekonomi yang serba sulit Anne tetap mempertahankan butiknya. Ia berpikir butik itulah yang bisa menjadi keran penghasilan utama untuk menghidupi keluarganya. Dan ketika masih bergulat dengan kenyataan pahit yang berhasil ia lewati, inspirasi untuk masa depan datang dengan begitu jernih.

Anne harus memberanikan diri mengakhiri bisnis gaun malam yang selama ini digeluti. Ia memutuskan beralih pada busana kebaya. Baginya kebaya adalah simbol dari kelembutan dan ketangguhan perempuan. Peralihan itu jelas membawa suatu perubahan besar. Koleksi busana malam di butik, modiste, dan para klien yang Anne miliki bagaimana pun merupakan aset yang besar. Namun, keyakinan dan ketetapan hati merapuhkan keraguannya untuk terus melangkah.

Kemudian ia mulai belajar keras tentang ragam kebaya nasional, bagaimana membuat sketsa desain dasar kebaya, serta berlatih mencipta karya yang lebih atraktif tanpa harus meninggalkan jiwa murni kebaya. Sedikit demi sedikit koleksi gaun malam di butiknya berkurang. Niat dan jiwanya ia curahkan sepenuhnya pada keliaran kreativitas dalam karya kebaya yang benar-benar mempunyai roh.

”Tiap lekukan yang ada pada siluet kebaya saya pahami sebagai lahan eksperimen bagi imajinasi saya yang diperkuat oleh impian,” demikian Anne berujar mengenai pengalaman awalnya berkenalan dengan kebaya. Kreativitas merancang busana yang telah ia asah sejak remaja mulai menunjukkan buahnya. Banyak orang terkesan dengan karya kebaya buah tangan Anne yang mempunyai kekhasan dan dapat membentuk image tersendiri.

Lahirlah kebaya ala Anne Avantie. Rupa-rupanya animo masyarakat terhadap kebaya itu cukup tinggi. Keliaran ide dalam mencipta karya kebaya yang atraktif dan unik membuat banyak pihak semakin tertarik. Butik yang selama ini sangat bernuansa Eropa dengan etalase gaun malamnya, Anne poles sehingga lebih kental dengan napas etnik. Mannequin etalase ia hiasi dengan koleksi kebaya terbaiknya. Pengunjung butik pun banyak yang memperlihatkan ketertarikan yang besar. Tidak sekedar tertarik, mereka berani memutuskan untuk membeli meski harganya tidak bisa dibilang murah.

Brand “Kebaya Anne Avantie” perlahan terbangun. Anne juga semakin giat mengikuti show dan pameran busana di Solo, Jogja, dan Semarang. Melihat prospek usaha yang menggembirakan itu, oleh teman-teman dekatnya ia didorong untuk mengepakkan sayap ke Jakarta. Sebelum menggapai impian itu, ia mendisiplinkan diri untuk berbenah. Hasilnya, show busana kebaya Anne Avantie berhasil tergelar di sebuah hotel di Semarang dengan bintang tamu Maudy Kusnaedy.

Pada tahun 2001 publik semakin mengakui eksistensi Anne Avantie sebagai seorang ‘desainer’. Rancangan kebaya asimetris yang dikenakan Alya Rohali dalam sebuah acara show menjadi tren di kalangan pecinta mode. Kebaya asimetris dengan bentuk leher berbeda kanan kirinya itu ternyata semakin digandrungi banyak orang.

Fase demi fase Anne jalani dengan ketekunan dan kemantapan hati. Rancangan busana kebaya membawanya pada bentangan kreativitas dan peluang. Kalau pada awalnya ia hanya sebagai peserta dalam ajang lomba rancangan busana, kini Anne mulai dipercaya menjadi juri.
Kematangan karakter dan kemampuan bisnis yang telah tertempa mengobarkan keberanian Anne untuk memperluas jaringan ke Jakarta. Kesempatan menjemput impian. Pada 2002 nama Anne Avantie berkibar di kalangan publik nasional. Waktu itu ia mensponsori acara ‘Kencan Irex’ yang dipandu oleh Dorce Gamalama.

Sorotan kamera jeli menggambarkan detail karya kebaya Anne. Terlihat mengagumkan. Dunia Entertainment dan media massa kait-mengkait secara alami membawa Anne pada deretan desainer yang diakui di kancah fesyen Indonesia. Acara demi acara semakin banyak mempertunjukkan wardrobe rancangannya. Para pejabat negara, kalangan artis, serta pecinta mode pun berani mengakui keindahan kebaya ala Anne Avantie.

Ketika Indonesia mengikutsertakan Artika Sari Devi dalam ajang pemilihan Miss Universe, Anne Avantie jugalah yang dipercaya sebagai perancang kebayanya. Pada tahun yang sama, Anne juga mengukir prestasi lain. Ia mendapat gelar Perancang Favorit pembaca Majalah DEWI dan anugerah Kartini Award dari Ibu Negara, Ibu Ani Yudhoyono.

Demikianlah karier perancangan busana seorang Anne Avantie terajut oleh air mata, keraguan, senyum, dan harapan. Namun, dari hari ke hari ia semakin terbentuk sebagai pribadi yang luar biasa. Pantaslah apabila predikat ’Ikon Kebaya Indonesia’ disandang olehnya. Ia tidak sekedar mengungkapkan kisahnya dari sisi siluet, payet atau pun brokat, tetapi benar-benar menghadirkan itu dalam ziarah perenungan yang penuh makna. Akhirnya, terciptalah ’Kebaya Anne Avantie’ yang benar-benar lahir dari kemurnian rasa dalam mencipta sebuah karya.

Disarikan dari: ANNE AVANTIE ”Aku Anugerah Dan Kebaya”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s